Daftar smartphone yang support USB OTG! Dan apa USB OTG itu?

Advertisement

PosHape.com — USB OTG (on the go) adalah sebuah fitur pada smartphone yang memungkinkan smartphone tersebut bisa terhubung dengan flashdisk dan media lainnya seperti mouse dan keyboard. Layaknya port USB pada CPU, fitur USB OTG pada smartphone pun memiliki kemampuann yang sama seperti port USB pada CPU. Singkatnya, apabila kita menyambungkan flashdisk dan perangkat smartphone kita, maka kita bisa membaca isi flashdisk tersebut dan bisa menggunakannya layaknya microSD pada smartphone.

Kabel OTG 5 PIN Micro

Bagaimana cara menggunakan fitur OTG?

Untuk mengetahui apakah smartphone Anda telah mendukung fitur ini, sebaiknya Anda melakukan pengecekan terlebih dahulu menggunakan aplikasi USB Host Diagnostics yang bisa diunduh secara gratis di Google Play Store. Meskipun smartphone Anda sudah mendukung fitur ini alat lainya yang dibutuhkan adalah kabel USB OTG yang cocok dengan perangkat smartphone Anda. Gambar diatas adalah contoh kabel USB OTG dengan port microUSB. Di pasaran, kabel seperti ini dibandrol dengan harga yang tidak terlalu mahal yaitu kisaran Rp. 10 ribu saja.

Apa yang bisa dilakukan dengan fitur OTG?

Dengan adanya fitur OTG memungkinkan perangkat smartphone Anda dapat beberrja menggunakan peripheral device seperti keyboard ekternal dan mouse. Tak selamanya fitur-fitur pada mouse atau keyboard dapat bekerja dengan baik pada smartphone, tapi jangan khawatir karena fitur-fitur dan fungsi utamanya tetap akan berjalan dengan normal. Smartphone Anda pun dapat membaca data (musik, film, file, gambar, dll) dari penyimpanan eksternal seperti flashdisk dan hardisk ekternal.

Smartphone apa saja yang sudah mendukung OTG?

Hingga saat ini, sudah banyak sekali smartphone keluaran terbaru yang sudah mendukung fungsi ini, diantaranya adalah sebagai berikut.
  • Asus: diantaranya Asus Zenfone 4, Zenfone 4s, Zenfone 5, Zenfone 6, dll;
  • Sony: diantaranya Xperia Z, Xperia ZL, Xperia Z Ultra, Xperia Z1, dll;
  • Samsung: diantaranya Galaxy S2, Galaxy S3, Galaxy S4, Galaxy Note 1,  Galaxy Note 2, Galaxy Note 3, dll;
  • LG: diantaranya Optimus G, Optimus G2, dll;
  • HTC: diantaranya HTC X, HTC One, HTC One mini, HTC One max, dll;
  • Google Nexus: diantaranya Nexux 5, 6, dll.
Apakah smartphone Anda termasuk di dalamnya? Atau memang belum mendukung fitur OTG? Semoga bisa bermanfaat.

Sponsor

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

search